jadwal dokter

Info Bed

rawat jalan

Webinar Jejaring Kardiovaskular : Kemudahan dalam Membedah Kasus Kardiovaskular

 

Webinar Jejaring Kardiovaskular Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, telah berhasil diresmikan pada Sabtu, 25 November 2017  oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M. Kes, yang sekaligus juga dikukuhkannya  RSJPD Harapan Kita sebagai Pusat Jantung Nasional berdasarkan KEPMENKES RI No. HK.01.07/MENKES/602/2017.

Peresmian yang bertepatan dengan peringatan HUT RSJPD Harapan Kita ke 32, menandakan bahwa RSJPD Harapan Kita menjadi rumah sakit pertama yang menjadi admin webinar (konfrensi/seminar online) kepada rumah sakit - rumah sakit binaan di daerah. Melalui program webinar ini, dimana teknologi internet dapat menghubungkan beberapa rumah sakit lintas propinsi dan pulau untuk saling berkomunikasi dengan harapan dapat memudahkan rumah sakit binaan berkonsultasi dan membedah kasus terkait penyakit jantung dan pembuluh darah dengan waktu yang cepat dan biaya relatif lebih murah.

Pada peresmian ini, hadir lima orang dokter (Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta Spesialis Bedah Torax Kardiovaskular) yang memberikan presentasi online interaktif, serta satu orang dokter sebagai Moderator. Dokter - dokter tersebut antara lain dr. Dicky A. Hanafy, SpJP(K) yang membahas tentang Tatalaksana Gangguan Irama Jantung (aritmia) Terkini dan Leadless Pacemaker ; Dr. dr. Dudy A Hanafy, SpBTKV(K), MARS  tentang Bedah Dewasa dan Minimally Invasif Coronary Artery Bypass Grafting (MIDCAB), dr. Salomo Purba, SpBTKV (K), tentang Bedah Jantung Anak Terkini dan Mutakhir ; dr. I Made Adi Parmana, SpAn, KAKV, tentang Anestesi Kardiovaskular dan TEE Intraoperatif ; dan Dr. dr. Indriwanto Sakidjan, SpJP(K), tentang Tatalaksana Intervensi pada  penyakit jantung bawaan di RSJPDHK dan sebagai Moderator dr. Isman Firdaus, SpJP(K). 

Antusias peluncuran program webinar ini sangat luar biasa, hal ini terlihat dari sekurangnya 46 partisipan, baik dari Institusi ataupun para profesional dalam tanya jawab interaktif, serta kehadiran beberapa para Direktur Utama rumah sakit daerah dalam peresmian tersebut, diantaranya Direktur Utama RSUD Arifin Achmad Riau, RSUD Dr. Zaenoel Arifin Aceh, dan RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. 

Diharapkan kedepan melalui sinergi yang lebih kuat antar rumah sakit, RSJPD Harapan Kita dapat lebih luas dan mudah dalam melakukan "transfer" ilmu kepada rumah sakit - rumah sakit binaan terkait penyakit kardiovaskular, sehingga pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan dengan mudah dan tingkat kematian akibat penyakit kardiovaskular secara Nasional dapat ditekan. Fasilitas webinar jejaring kardiovaskular dapat dimanfaatkan berbagai kepentingan, seperti profesi keperawatan, praktisi bidang SDM, penunjang medis dan profesi terkait lainnya di rumah sakit. (Hukormas)

Paviliun dr.Sukaman

Rawat jalan ( Poliklinik Eksekutif ) dr. Sukaman merupakan etalase pelayanan rumah sakit, sehingga kualitas pelayanan di RS akan sangat mudah dilihat dan dinilai oleh pelanggan. Selama tahun 2013 jumlah pasien yang berobat ke Poliklinik Eksekutif Rawat Jalan dan Rawat Inap mengalami kenaikan Kunjungan dan Pengunjung dari tahun sebelumnya.

One Day Care (ODC)

One Day Care merupakan unit perawatan khusus yang memberikan layanan pada pasien-pasien yang tidak memerlukan rawat inap sehingga sifatnya hanya sementara saja. Pasien yang mendapat layanan disini diberikan berdasarkan permintaan dokter.

Medical Check UP (MCU)

MEDICAL CHECK UP (MCU) Terletak di Instalasi Paviliun Sukaman, MCU dan Deteksi Dini Kardovaskular RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita memberikan pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kardiovaskular. Konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dan pemeriksaan kardiovaskular penunjang lainnya.

ICVCU Dewasa

Sebagai rumah sakit rujukan nasional kardiovaskular, RSJPDHK mempunyai ruang perawatan intensif khusus untuk penyakit kardiovaskular/ medikal. Terdiri dari 18 tempat tidur (lantai 2) dan 12 tempat tidur (lantai 3), ICVCU menawarkan perawatan intensif disegala tingkat severitas. Tata ruang ICVCU lantai 2 dibuat menggunakan sistem single cubical sehingga pengawasan terhadap pasien lebih optimal. Selama tahun 2013 terdapat peningkatan jumlah pasien sebanyak 8% dari tahun sebelumnya. penatalaksanaan pasien gagal jantung (heart failure) menggunakan ECMO dan LVAD. Serta akan ditambah unit hemodialisis di tahun 2014.

Pediatrik OK & Ward

Instalasi Bedah Pediatrik, Penyakit Jantung Bawaan dan Perawatan Intensif Pasca Bedah merupakan unit pelayanan bedah jantung pada anak dan dewasa dengan penyakit jantung bawaan dan di dapat yang terdiri dari Unit Bedah Pediatrik dan Unit ICU Pediatrik yang berlokasi di Gedung Perawatan II lantai 8. Di Unit Bedah Pediatrik beroperasi 2 kamar operasi yang setiap hari menjalankan tindakan operasi sekitar 4-5 kasus dengan kompleksitas kasus yang beragam.

Cath Lab

Pemeriksaan diagnostik invasif dengan teknik kateterisasi jantung yang berada di Lt2 GP 1, sebanyak 5372 pemeriksaan, yang terdiri dari 4728 kasus angiografi koroner, 508 kateterisasi jantung, dan 136 tindakan lainnya. Juga telah dilakukan tindakan intervensi non-bedah terhadap kelainan koroner berupa angioplasti koroner sebanyak 2327 tindakan, valvuloplasty dengan balon 79 tindakan, tindakan non-bedah untuk kelainan kongenital sebanyak 176 tindakan, terutama terdiri dari 45 kasus ASO, 97 kasus ADO/ Nit occluder, 11 kasus BAS dan tindakan lainnya.