jadwal dokter

Info Bed

rawat jalan

Lomba Hand Hygiene Semarakkan Kesadaran Cuci Tangan

Sebagai rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) menjadi tuan rumah babak penyisihan Lomba Hand Hygiene pada Selasa (31/10/2017).

Lomba yang bertujuan untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kebersihan tangan ini diikuti oleh 21 rumah sakit di nusantara dengan memadukan unsur kesehatan dengan unsur kreativitas peserta. Dengan mengirimkan video berisi gerakan senam ataupun tari-tarian yang memperagakan 5 momen cuci tangan, para peserta harap-harap cemas dapat masuk seleksi 11 besar.

Dalam sambutannya, pelaksana harian Direktur Utama RSJPDHK, dr. Lia Partakusuma, Sp. PK menyatakan bahwa ini merupakan kali kedua bagi RSJPDHK menyelenggarakan lomba yang sama karena animo rumah sakit lainnya yang meningkat. Ditambahkannya, pemenang kompetisi ini akan menampilkan tariannya pada acara puncak HKN di Bundaran HI mendatang.

Namun sebelum bisa terpilih ada sejumlah penilaian yang harus terpenuhi oleh peserta.  Hal yang dinilai seputar jumlah penari, kostum yang dipakai, adanya gerakan 5 momen cuci tangan, dan kekompakan tim yang dicalonkan para rumah sakit. Tidak tanggung-tanggung, para juri yang didatangkan mencakup dari berbagai unsur yaitu dari Perdalin, PERSI, HIPPII, TMII dan RSAB.

Setelah empat jam bersama-sama menyaksikan video para peserta, juri pun mengumumkan 11 besar tim rumah sakit yang akan diadu pada Kamis ini (2/11). RSUD dr. Doris Sylvanus, RSUP Dr. Kariadi, RS Kanker Dharmais, RS Sulianto Saroso, RS Hasan Sadikin, RSUD Dr. Hadrianus Sinaga,RS Sentra Medika Cibinong, RS Premier Jatinegara, RSUD Sumedang, RSCM, dan RSJPDHK merupakan nama-nama rumah sakit yang bakal bertanding untuk memperebutkan juara.

Dengan adanya ajang kreativitas dan unjuk bakat ini, rumah sakit mengharapkan kebiasaan mencuci tangan dapat ditularkan kepada seluruh masyarakat. Dan pada akhirnya angka penyakit infeksi akibat kurang bersihnya saat mencuci tangan dapat menurun. (Mariana)

 

 

Paviliun dr.Sukaman

Rawat jalan ( Poliklinik Eksekutif ) dr. Sukaman merupakan etalase pelayanan rumah sakit, sehingga kualitas pelayanan di RS akan sangat mudah dilihat dan dinilai oleh pelanggan. Selama tahun 2013 jumlah pasien yang berobat ke Poliklinik Eksekutif Rawat Jalan dan Rawat Inap mengalami kenaikan Kunjungan dan Pengunjung dari tahun sebelumnya.

One Day Care (ODC)

One Day Care merupakan unit perawatan khusus yang memberikan layanan pada pasien-pasien yang tidak memerlukan rawat inap sehingga sifatnya hanya sementara saja. Pasien yang mendapat layanan disini diberikan berdasarkan permintaan dokter.

Medical Check UP (MCU)

MEDICAL CHECK UP (MCU) Terletak di Instalasi Paviliun Sukaman, MCU dan Deteksi Dini Kardovaskular RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita memberikan pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kardiovaskular. Konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dan pemeriksaan kardiovaskular penunjang lainnya.

ICVCU Dewasa

Sebagai rumah sakit rujukan nasional kardiovaskular, RSJPDHK mempunyai ruang perawatan intensif khusus untuk penyakit kardiovaskular/ medikal. Terdiri dari 18 tempat tidur (lantai 2) dan 12 tempat tidur (lantai 3), ICVCU menawarkan perawatan intensif disegala tingkat severitas. Tata ruang ICVCU lantai 2 dibuat menggunakan sistem single cubical sehingga pengawasan terhadap pasien lebih optimal. Selama tahun 2013 terdapat peningkatan jumlah pasien sebanyak 8% dari tahun sebelumnya. penatalaksanaan pasien gagal jantung (heart failure) menggunakan ECMO dan LVAD. Serta akan ditambah unit hemodialisis di tahun 2014.

Pediatrik OK & Ward

Instalasi Bedah Pediatrik, Penyakit Jantung Bawaan dan Perawatan Intensif Pasca Bedah merupakan unit pelayanan bedah jantung pada anak dan dewasa dengan penyakit jantung bawaan dan di dapat yang terdiri dari Unit Bedah Pediatrik dan Unit ICU Pediatrik yang berlokasi di Gedung Perawatan II lantai 8. Di Unit Bedah Pediatrik beroperasi 2 kamar operasi yang setiap hari menjalankan tindakan operasi sekitar 4-5 kasus dengan kompleksitas kasus yang beragam.

Cath Lab

Pemeriksaan diagnostik invasif dengan teknik kateterisasi jantung yang berada di Lt2 GP 1, sebanyak 5372 pemeriksaan, yang terdiri dari 4728 kasus angiografi koroner, 508 kateterisasi jantung, dan 136 tindakan lainnya. Juga telah dilakukan tindakan intervensi non-bedah terhadap kelainan koroner berupa angioplasti koroner sebanyak 2327 tindakan, valvuloplasty dengan balon 79 tindakan, tindakan non-bedah untuk kelainan kongenital sebanyak 176 tindakan, terutama terdiri dari 45 kasus ASO, 97 kasus ADO/ Nit occluder, 11 kasus BAS dan tindakan lainnya.