jadwal dokter

Info Bed

rawat jalan

Hari Jantung Sedunia 2017: Kenali Diri dan Lakukan Hal Tepat untuk Jantung Kita

 

 

Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 September merupakan dasar untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit kardiovaskular serta membantu melawan dan menurunkan beban penyakit secara global. Bermula dari komitmen pemimpin-pemimpin dunia untuk menurunkan kematian global dari penyakit tidak menular sebesar 25% pada tahun 2025, termasuk di dalamnya penyakit kardiovaskular maka Hari Jantung Sedunia diciptakan. Seperti dilansir pada situs WHF, untuk Hari Jantung Sedunia 2017 kali ini mengusung tema Share the Power.

 

Dengan menekankan pada bagaimana orang-orang berbagi cerita tentang cara menguatkan atau memberi daya pada jantung masing-masing dan menginspirasikan jutaan orang di seluruh dunia untuk menjaga kesehatan jantung. Karena jantung merupakan pusat dari kesehatan kita, maka sebuah keharusan untuk menjaganya.

 

Sebelum dapat menguatkan jantung kita, ada baiknya kita mengetahui risiko penyakit jantung yang mungkin tak disadari kita miliki. Caranya adalah dengan memperhatikan angka-angka kesehatan pada diri kita. Sejumlah angka-angka kesehatan seperti angka tingkat kolesterol, berat badan serta Indeks Massa Tubuh (BMI), tingkat gula darah dan tekanan darah perlu dikenali supaya kita lebih mengerti bagaimana kondisi tubuh. Berdasarkan data dunia, diketahui bahwa dari kematian akibat penyakit jantung pembuluh darah 60% diantaranya ditemukan mengidap penyakit diabetes. Demikian halnya dengan tekanan darah, karena biasanya tidak terdapat gejala atau tanda sehingga jika dibiarkan tidak terdeteksi akan membahayakan diri Anda pada akhirnya. Selain itu, Anda juga harus mengenal tanda berikut gejala dari serangan jantung karena terbukti 70% kegawatandaruratan jantung dan pernapasan terjadi di rumah ketika anggota keluarga hadir dan dapat menolong korban.

 

Kemudian setelah mengetahui angka-angka kesehatan diri, bagaimana kita memberikan kekuatan bagi jantung? Mulailah ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. 1.       Beri “bahan bakar” untuk jantung

Makan dan minum yang baik memberikan bahan bakar yang dibutuhkan untuk kehidupan kita. Dari sekarang lakukan perubahan kecil pada diet makanan yaitu dengan mengurangi makanan terproses yang seringkali tinggi akan gula dan lemak, lalu kurangi minuman bergula dan jus buah yang manis dengan memilih air putih atau jus tak bergula, menukarkan jajanan manis yang bergula dengan buah segar sebagai pilihan yang sehat, mengkonsumsi 5 porsi kira-kira sebesar tangan yang terdiri dari buah dan sayuran setiap hari dan membuat kotak makan siang yang sehat dari rumah.

  1. 2.       Gerakan jantung

Ketidakgerakan fisik dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada penyakit jantung seperti penambahan berat badan yang tidak sehat, diabetes dan peningkatan tekanan darah. Mulailah mengontrol kesehatan jantung kita dengan lebih menjadi lebih aktif yaitu seperti lakukan aktivitas fisik yang cukup intensif kurang lebih 30 menit dalam 5 kali seminggu, bermain, berjalan, lakukan pekerjaan rumah atau menari, dan berolahraga bersama dengan teman-teman serta keluarga. Namun ada baiknya jika ingin melakukan olahraga yang terencana, konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan profesional, lalu unduh aplikasi olahraga untuk mengetahui perkembangan diri.

  1. 3.       Cintai jantung dengan berhenti merokok

Berhenti merokok adalah hal yang terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung kita. Buat komitmen untuk berhenti dan menekan risiko penyakit jantung dan stroke. Dari dua tahun sejak berhenti merokok, risiko penyakit jantung koroner berkurang secara signifikan. Dengan keputusan berhenti merokok tidak hanya meningkatkan kesehatan tapi juga orang-orang di sekitar kita, karena terbukti paparan dari asap rokok juga dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung pada mereka yang tidak merokok. Jika dirasakan sulit untuk berhenti merokoktanyakan saran tenaga profesional tentang bagaimana caranya berhenti. ** (mariana) 

sumber: world heart federation

 

Paviliun dr.Sukaman

Rawat jalan ( Poliklinik Eksekutif ) dr. Sukaman merupakan etalase pelayanan rumah sakit, sehingga kualitas pelayanan di RS akan sangat mudah dilihat dan dinilai oleh pelanggan. Selama tahun 2013 jumlah pasien yang berobat ke Poliklinik Eksekutif Rawat Jalan dan Rawat Inap mengalami kenaikan Kunjungan dan Pengunjung dari tahun sebelumnya.

One Day Care (ODC)

One Day Care merupakan unit perawatan khusus yang memberikan layanan pada pasien-pasien yang tidak memerlukan rawat inap sehingga sifatnya hanya sementara saja. Pasien yang mendapat layanan disini diberikan berdasarkan permintaan dokter.

Medical Check UP (MCU)

MEDICAL CHECK UP (MCU) Terletak di Instalasi Paviliun Sukaman, MCU dan Deteksi Dini Kardovaskular RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita memberikan pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kardiovaskular. Konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dan pemeriksaan kardiovaskular penunjang lainnya.

ICVCU Dewasa

Sebagai rumah sakit rujukan nasional kardiovaskular, RSJPDHK mempunyai ruang perawatan intensif khusus untuk penyakit kardiovaskular/ medikal. Terdiri dari 18 tempat tidur (lantai 2) dan 12 tempat tidur (lantai 3), ICVCU menawarkan perawatan intensif disegala tingkat severitas. Tata ruang ICVCU lantai 2 dibuat menggunakan sistem single cubical sehingga pengawasan terhadap pasien lebih optimal. Selama tahun 2013 terdapat peningkatan jumlah pasien sebanyak 8% dari tahun sebelumnya. penatalaksanaan pasien gagal jantung (heart failure) menggunakan ECMO dan LVAD. Serta akan ditambah unit hemodialisis di tahun 2014.

Pediatrik OK & Ward

Instalasi Bedah Pediatrik, Penyakit Jantung Bawaan dan Perawatan Intensif Pasca Bedah merupakan unit pelayanan bedah jantung pada anak dan dewasa dengan penyakit jantung bawaan dan di dapat yang terdiri dari Unit Bedah Pediatrik dan Unit ICU Pediatrik yang berlokasi di Gedung Perawatan II lantai 8. Di Unit Bedah Pediatrik beroperasi 2 kamar operasi yang setiap hari menjalankan tindakan operasi sekitar 4-5 kasus dengan kompleksitas kasus yang beragam.

Cath Lab

Pemeriksaan diagnostik invasif dengan teknik kateterisasi jantung yang berada di Lt2 GP 1, sebanyak 5372 pemeriksaan, yang terdiri dari 4728 kasus angiografi koroner, 508 kateterisasi jantung, dan 136 tindakan lainnya. Juga telah dilakukan tindakan intervensi non-bedah terhadap kelainan koroner berupa angioplasti koroner sebanyak 2327 tindakan, valvuloplasty dengan balon 79 tindakan, tindakan non-bedah untuk kelainan kongenital sebanyak 176 tindakan, terutama terdiri dari 45 kasus ASO, 97 kasus ADO/ Nit occluder, 11 kasus BAS dan tindakan lainnya.